Minggu, 06 November 2011

INDONESIA – PANCASILA


            Apa sih yang biasa digambarkan dan di fikirkan tentang Indonesia ? Setiap orang pasti berbeda–beda mengargumentasikan pendapat dan sejenisnya itu mengenai Indonesia. Gambaran dan tafsiran dari masing–masing individu pun akan berbeda mengenai Indonesia. Ada yang menafsirkan dari segi positif dan bahkan banyak yang menafsirkan Indonesia dari segi negatif. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang melimpah di setiap pulau maupun kepulauan yang ada di Negara Indonesia ini. Dari sabang sampai merauke terdapat kekayaan mulai dari kekayaan alam hayatinya, kekayaan bahari, kekayaan kebudayaan, bahasa, agama dan beraneka ragam tentang kehidupan alam ada di tanah air Indonesia.
            Indonesia merupakan negara yang memiliki suku, agama, ras, bahasa dan kebudayaan yang beraneka ragam. Kekhasan Negara Indonesia adalah Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara untuk mewujudkan semua cita–cita, tujuan dan keinginan bangsa. Pancasila adalah suatu ideologi yang menyatukan kita ditengah keberagaman perbedaan dari setiap ras, perbedaaan antar suku, jenis kelamin, kebudayaan, bahasa, dan agama. paham ideologi yang dianut di Indonesia merupakan sarana penyatuan kita sebagai masyarakat di tengah keberagaman yang ada di Negara Republik Indonesia ini. Akan tetapi semua itu ada batasan-batasan yang berlaku untuk setiap individu sesuai dengan peraturan yang berlaku yang tercandum dalam Undang–undang Dasar 1945.
            Jadi kita sebagai rakyat dalam bertindak, kita diberi kehendak kekuasaan serta kebebasan oleh Negara akan tetapi kita tetap dalam koridor peraturan perundang–undangan yang berlaku dengan tidak melanggar norma yang berlaku dan tidak melanggar ketertiban.
            Semua nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila merupakan upaya mewujudkan keperibadian bangsa agar apa yang terkandung di dalamnya itu menjadi terwujud dan rakyat Indonesia dapat menerapkan nilai–nilai pancasila di setiap menjalankan kehidupan dalam bermasyarakat, bertindak, dan berbuat harus sesuai dengan sila yang berlaku.
            Nilai–nilai yang terkandung dalam Pancasila itu merupakan gambaran yang sesuai dengan perilaku bangsa Indonesia yaitu pada sila pertama dalam pancasila yang berbunyi yakni ketuhanan yang maha esa. Kita sebagai bangsa Indonesia harus percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa serta melakukan perintah yang di jalankan oleh Tuhan dan menjauhkan apa yang Tuhan larang. Setiap tindakan dan perilaku kita harus di barengi oleh norma–norma agama. Maka dari sila ini lah kita mendapatkan hak dan kebebasan dalam memeluk agama. Karena setiap individu itu memiliki hak asasi dalam kebebasan memeluk agama
            Gambaran pada sila ke–2 dalam Pancasila yang berbunyi yakni, kemanusiaan yang adil dan beradab. Di dalam kehidupan kita harus menyetarakan seseorang sesuai martabat, tidak membeda–bedakan individu artinya kita tidak boleh berpihak kepada satu sisi perseorangan saja. Karena kita hidup, masing–masing dari kita memiliki hak asasi manusia yang harus di bela keadilan dan asasinya.
            Gambaran sila ke-3 dalam pancasila yang berbunyi yakni, persatuan Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia harus hidup dalam bermasyarakat yang membentuk persatuan antar  sesama rakyat untuk dapat menciptakan satu rasa kebersamaan dan rasa penyatuan yaitu rasa bela negara untuk cintah Tanah Air kita Indonesia. Maka dengan terjalinnya kesatuan bangsa itu kita sebagai bangsa yang besar dapat bersatu dengan hidup yang aman, damai, dan tentram.
            Gambaran sila ke–4 dalam pancasila yang berbunyi yakni, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Kita sebagai rakyat indonesia yang memiliki ideologi demokrasi harus mufakat dan bermusyawarah di dalam kehidupan kita ini. Dan di dalam musyawarah itu kita sebagai manusia memiliki hak bebas berpendapat dan cara ini menunjukkan demokrasi dalam bermusyawarah.
            Gambaran terakhir yaitu sila ke-5 dalam pancasila yang berbunyi yakni, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam sila ini terdapat gambaran yang menujukkan nilai–nilai keadilan untuk seluruh rakyat Indonesia. Contoh keadilan untuk seluruh rakyat indonesia adalah setiap individu memiliki hak yang sama di mata hukum. Karena setiap individu itu memiliki hak asasi dalam kesamaan hukum. Hak asasi dalam kesamaan hukum ini adalah hak asasi yang berupa perlakuan yang sama di dalam hukum dan pemerintahan atau hak kesamaan hukum. Dan setiap individu memiliki hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara dan perlindungan hukum, mislanya hak untuk mendapatkan perlakuan yang wajar dan adil dalam penangkapan, penggeledahan, penyidikan, peradilan, dan pembelaan hukum. Jadi rakyat itu harus mendapatkan keadilan sosial yang merata.
            Kelima sila dalam pancasila tersebut terkandung nilai–nilai dan makna yang sangat mendalam untuk bangsa Indonesia. Maka Indonesia sangat erat hubungannya dengan Pancasila. Begitu pun dengan Pancasila, Pancasila adalah bagian dari Indonesia. Pancasila adalah gambaran untuk Negara Indonesia. Setiap orang berbeda–beda menafsirkan Indonesia itu sendiri. Ada yang menafsirkan dari segi positif dan bahkan menafsirkan Indonesia dari segi negatif.
            Maka Negara Republik Indonesia kita ini tidak akan bisa lepas dari namanya Ideologi Pancasila tersebut. Hal ini di karenakan pancasila merupakan bagian dari Indonesia dan dasar negara Indonesia. Pancasila pun tidak lepas dari bagian Negara Republik Indonesia. Karena Pancasila dan Indonesia adalah sebuah hal yang berhubungan yang melekat di antara kehidupan bangsa Indonesia. Maka dalam bahasa sehari–hari dapat di katakan bahwa Pancasila sebagai sebuah julukan untuk negara Indonesia.
            Selain pancasila ada banyak judgement yang di tujukan untuk Indonesia. Judgement tersebut beraneka ragam mulai dari segi positif sampai negatif. Indonesia merupakan negara maritim, Indonesia merupakan negara agraris, Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan laut dan isinya, Indonesia negara yang di lalui oleh garis khatulistiwa, Indonesia negara ring of fire, Indonesia merupakan negara emas yang menyimpan kekayaan hayati yang berharga seperti emas, timah, baja dan Sumber Daya Alam (SDA) lainnya ada di Indonesia. Indonesia negara yang besar dengan kepulauan yang luas, yang setiap pulaunya menyimpan kekayaan alam yang melimpah dan memiliki khas serta ciri-ciri sendiri dari masing-masing provinsi yang ada di Indonesia ini. Indonesia merupakan negara yang kaya, mulai dari kekayaan alam hayatinya, kekayaan bahari dan beraneka ragam semua tentang kehidupan alam ada di negara tercinta tanah air kita ini Indonesia.
           Akan tetapi mengapa negara kita ini kiasannya hanya mendapat sebuah gelar negara berkembang ? Sungguh ironi memang jika kita melihat kekayaan alam yang tumpah ruah di negara kita ini, tapi dalam kehidupan rakyatnya masih dalam lingkaran kemiskinanan.
           Mungkin semua ini kurangnya Sumber Daya Manusia yang tidak seimbang dengan Sumber Daya Alam yang ada di Indonesia ini. Kurangnya sumber daya manusia ini karena kesadaran dari pemerintah kurang untuk memfasilitasi kemajuan rakyatnya. Dan rakyatnya pun menjadi kurang kompetitif.
Oleh: Siti Nurhayatih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar